News Ticker

Inilah 12 Pakaian Adat Paling Unik Dari Seluruh Dunia

By Admin - Jumat, 18 Maret 2016 No Comments


Pakaian tradisional (pakaian adat) merupakan sebuah ciri khas yang tidak hanya melambangkan eksistensi suku atau ras tersebut, tetapi juga menunjukkan keunikan yang dimiliki mereka.

Berbicara mengenai pakaian tradisional, sudah bisa dipastikan bahwa Indonesia adalah jawaranya. Sebab, negara kita yang tercinta ini terdiri atas beraneka ragam suku yang bergabung menjadi satu. Berdasarkan data yang diberikan oleh wikipedia, setidaknya ada lebih dari 300 etnik yang tersebar di seluruh Indonesia. Banyak sekali bukan ?

Memang tidak dipungkiri lagi bahwa Indonesia kaya akan adat dan budaya. Oleh karena itu, admin kali ini hanya akan memperlihatkan pakaian adat yang berasal dari luar saja.

#1 The Beret (Perancis)


The Beret atau biasa kita menyebutnya dengan Baret. Jika dilihat bentuknya mirip dengan yang dipakai tentara kita ya. Apa mungkin memang asal usul bentuknya dari The Beret milik Perancis ? Bisa saja.

#2 The Bunad (Norwegia)


Pakaian adat Norwegia ini lebih terlihas seperti daster yang biasa dipakai ibu-ibu di negara kita ya.

#3 The Clogs (Belanda)

Pernah minum susu "Dutch Lady" gak ? Kalau pernah, coba lihat kemasannya. Mirip gak pakaiannya ? Yup, tentu saja mirip. Bahkan sangat mirip. Dutch Lady memiliki arti "Wanita Belanda", itulah sebabnya gambar kemasan susu tersebut menggunakan seorang wanita yang mengenakan pakaian tradisional Belanda.

#4 The Conical Hat (Vietnam)

Kalau dilihat dari bentuknya, topi ini lebih cocok disebut caping (bahasa jawa). Memang kelihatan sama dari bentuk, tapi bisa jadi bahan yang digunakan dalam pembuatannya berbeda.

#5 The Dirndl (Austria)

Jika dilihat sekilas, maka akan terlihat ada kesamaan antara The Bunad dari Norwegia dengan The Dirndl dari Austria. Secara detail ? Coba cek sendiri deh gan.

#6 The Gele (Nigeria)

Ternyata Nigeria juga memiliki pakaian adat yang unik ya.

#7 The Gho (Bhutan)


Mungkin kalian jarang mendengar negara ini, bahkan mungkin ada yang tidak pernah mendengarnya sama sekali. Butan merupakan sebuah negara yang terletak di antara India dan  RRC. Negaranya kecil, dan memiliki sistem pemerintahan Kerajaan. Lebih dikenal dengan sebutan Negeri Naga Guntur

#8 The Kilt (Skotlandia)

Pakaian tradisional yang dimiliki oleh Skotlandia ini, bagian bawahnya bukan terlihat seperti rok yang dikenakan oleh wanita. Tapi memang seperti itu bentuknya. Unik ya..

#9 The Lederhosen (Jerman)

Pakaian tradisional milik Jerman ini juga bisa dibilang unik. Untuk pakaian yang dikenakan oleh wanita jerman, mungkin lebih menarik lagi kalau wanita Indonesia yang mengenakannya. :D

#10 The Poncho (Chile)

Yang pernah main game Digimon World 3 (PS1), pasti pernah bertemu dengan monster bernama Ponchomon. Ponchomon menggunakan kostum serupa dengan yang dimiliki oleh Chile. Bisa jadi yang buat game terinspirasi dari pakaian ini. Who knows ?

#11 The Sombrero Vueltiao (Kolumbia)

Topi unik yang berasal dari negara Kolumbia ini pernah muncul di beberapa episode film kartun favorit admin yaitu SpongeBob Square-Pant. Salah satunya di episode ketika spongebob, patrick dan squidward mencoba untuk berkemah di halaman rumahnya, dan mitosnya topi ini gak boleh dikenakan terbalik loh. Supaya gak diserang oleh beruang laut kata spongebob

#12 The Ushanka (Rusia)

The Ushanka dari Rusia merupakan topi dengan bahan berbulu dan memiliki untaian di bagian telinga. Mungkin saja fungsinya sebagai penghangat ketika Rusia mengalami musiim Salju.

Itulah tadi 12 Pakaian Tradisional Paling Unik Dari Seluruh Dunia. Meskipun admin berkata paling unik, tentu saja Pakaian Adat Tradisional Etnis di Indonesia tetap yang nomor satu.

No Comment to " Inilah 12 Pakaian Adat Paling Unik Dari Seluruh Dunia "