News Ticker

Hindari 5 Hal Ini Maka Kamu Terhindar Dari Sifat Durhaka Kepada Orang Tua

By agoy - Sabtu, 13 Februari 2016 No Comments

Setiap manusia di dunia ini pastilah memiliki sepasang orang tua, ayah dan ibu. Mereka merupakan penyebab kita bisa hadir di dunia ini. Banting tulang, peras keringat, membuang harga diri telah mereka lakukan, itu semua demi sesuap nasi untuk mengenyangkan anak-anaknya. Demi pendidikan buah hatinya, dengan harapan jangan sampai apa yang mereka rasakan juga terjadi pada anaknya kelak.

Menyayangi mereka berdua, itu adalah hal yang wajib. Apa lagi berlaku santun terhadap mereka, setidaknya itulah yang bisa kita perbuat. Meskipun tidak sebanding dengan apa yang telah mereka berikan mulai dari kita kecil, hingga seperti sekarang ini.

Untuk itu, hindarilah hal-hal berikut jika kalian gak ingin menyakiti hati orang tua kalian bahkan menjadi anak durhaka bagi orang tua kalian.

1. Cekak Pinggang Di Depan Orang Tua


Sadar atau tidak, sengaja atau pun tidak, kita pasti pernah melakukan hal ini. Ber-cekak pinggang merupakan sebuah simbol bahwa kita merasa lebih tinggi dari orang lain, baik itu dari segi materi maupun non-materi. Dengan ber-cekak pinggang, secara tidak langsung kita telah menyakiti hati mereka.

2. Menghardik


Kepada orang yang lebih muda dari kita saja itu dilarang, apa lagi kepada orang tua kita. Tentu saja itu tidak sopan. Contoh simplenya adalah berkata "Ah". Singkat, hanya dua huruf. Tapi ketahuilah, bahwa kata itu sudah cukup untuk membuat hati orang tua kamu terluka tak berdarah. 

3. Mengingkari Nasab


Nasab (bukan nasib lo yaa) merupakan garis keturunan keluarga. Maksud dari mengingkari nasab yaitu kamu gak terima kalau kamu merupakan anak dari orang tua kamu, atau berasal dari keluarga kamu. Pasti ada kan temen yang sifatnya kayak gini. Banyak sekali lhoo, kayak di film" itu.

4. Menjadikannya Budak


Ini paling greget nih. Secara halusnya, kamu membiarkan ayah atau ibumu mencuci pakaian kamu, membereskan kamarmu, membersihkan bekas makananmu. Meskipun kamu tidak menyuruhnya, sesibuk apa pun kegiatan mu, hindari mereka melakukan ini. Apa lagi sampai dengan jelas kalian menyuruh mereka untuk melakukannya. Setidaknya, ucapkanlah kata "TOLONG" ketika memang benar-benar membutuhkan bantuan mereka.

5. Menunda Permintaan Orang Tua


Tidak jarang orang tua kita, terlebih sang ibu meminta tolong akan suatu hal. Bisa jadi minta tolong buat belikan bumbu dapur, menyapu rumah, dan hal-hal lainnya. Dan kita kebanyakan dengan mudahnya berkata "NANTI", padahal mungkin saja saat itu beliau benar" tidak bisa pergi. Kalau masih ngotot tentang masalah ini, coba bayangin aja, waktu kita masih bayi, pengen nyusu, nangis-nangis, terus beliau berkata "NANTI".....

Itulah 5 hal penting yang harus dihindari agar tidak menjadi anak yang durhaka kepada orang tua. Semoga dapat menjadi renungan dan dapat memperbaiki diri kita kedepannya. 

Share If Usefull. 

Tags:

No Comment to " Hindari 5 Hal Ini Maka Kamu Terhindar Dari Sifat Durhaka Kepada Orang Tua "